IDENTIFIKASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TOWER CRANE

ABSTRAK

Pada suatu pekerjaan proyek konstruksi, alat berat merupakan sumber daya yang harus tersedia. Khususnya
pada proyek konstruksi bangunan bertingkat tinggi, pengadaan tower crane adalah suatu hal yang mutlak dilaksanakan.

Tower crane memegang peranan penting dalam hal kecepatan dan percepatan pekerjaan. Produktivitas yang mampu dihasilkannya perlu diperhitungkan agar tercapai efektivitas kerja yang ideal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tower crane.

Studi kasus dilakukan dengan mengamati pengoperasian tower crane di lapangan. Proyek yang menjadi studi
kasus pada penelitian ini adalah proyek pembangunan Hotel Pullman Bandung yang berlokasi di Jalan Resor Dago Pakar, Bandung. Pengamatan dilakukan terhadap satu unit tower crane dengan dua orang operator yang bekerja secara bergantian. Dari hasil pengamatan maka dapat diketahui waktu siklus dari proses pengangkatan material dengan mengamati faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi waktu siklus tersebut.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi produktivitas tower crane, yaitu faktor alat, faktor sumber daya manusia, faktor material yang diangkat, faktor lingkungan, dan faktor manajemen proyek. Beberapa faktor tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain.

PENDAHULUAN
Dewasa ini, proyek konstruksi bangunan bertingkat tinggi semakin berkembang di kota-kota besar. Hal ini disebabkan oleh semakin berkurangnya luas lahan yang tersedia, namun di sisi lain kebutuhan akan tempat tinggal ataupun tempat kerja di daerah perkotaan semakin meningkat. Maka dari itu, pengembangan bangunan bertingkat tinggi semakin maju untuk mengefisiensikan luas lahan yang semakin berkurang.

Dalam pelaksanaan pembangunan gedung tinggi, pengadaan tower crane menjadi mutlak dilakukan. Tower crane merupakan motor utama dalam sebuah pekerjaan proyek konstruksi dalam skala besar dalam menjalankan fungsinya
sebagai alat untuk membantu mengangkat material baik arah vertikal maupun horizontal. Tower crane memiliki jangkauan yang luas dan tingginya dapat disesuaikan dengan tinggi bangunan.

Tower crane memegang peranan penting dalam hal kecepatan dan percepatan pelaksanaan konstruksi. Dari segi
lain, tingginya harga sewa dari tower crane turut menuntut efektivitaspenggunaan tower crane  untuk meminimalkan biaya penggunaan tower crane. Nilai efektivitas dari suatu penggunaan alat berat seperti tower crane dapat dinilai dari besarnya produktivitas yang mampu dihasilkan oleh alat tersebut. Dengan begitu, perencanaan dalam pemilihan tower crane harus dilakukan dengan cermat agar tercapai efektivitas penggunaan tower crane yang optimal dengan biaya yang digunakan rendah dan waktu dapat dicapai sesuai yang telah direncanakan.

METODE
Metode yang dilakukan pada penelitian ini dilakukan dengan studi literatur dan studi kasus. Studi literatur dilakukan untuk mendapatan informasi mengenai faktorfaktor yang mempengaruhi produktivitas tower crane secara teoritis. Studi kasus dilakukan untuk menentukan faktor yang mempengaruhi produktivitas tower crane di lapangan. Studi kasus dilakukan pada proyek pembangunan Hotel Pullman Bandung yang berlokasi di Dago Pakar, Bandung, Indonesia.

 ANALISIS DAN KESIMPULAN

Analisis dilakukan dengan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan terdapat lima faktor utama yang mempengaruhi produktivitas tower crane, yaitu: faktor alat, faktor sumber daya manusia, faktor material yang diangkat, faktor lingkungan, dan faktor manajemen.

Dari faktor-faktor yang diperoleh, terdapat beberapa faktor yang memiliki keterkaitan satu sama lain, yaitu:

  1. Faktor alat dengan faktor material yang diangkat,
  2. Faktor alat dengan faktor manajemen,
  3. Faktor SDM dengan faktor lingkungan,
  4. Faktor SDM dengan faktor manajemen, dan
  5. Faktor material yang diangkat dengan faktor manajemen.

Sumber
http://www.ftsl.itb.ac.id/wp-content/uploads/2012/08/15008001-Asri-Dewi-Lestari.pdf

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *